Simak Tema dan Sejarah Peringatan Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) 2024

foto ilustrasi: playmarketing

ESATU.ID – Taukah kalian, ada hari yang memperingati Pelanggan Nasional loh? Hari tersebut jatuh pada tanggal 4 September 2024 yang di peringati sebagai Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas).

Peringatan tersebut menandai momen penting bagi perusahan-perusahaan di Indonesia untuk memberikan penawaran yang Istimewa bagi setiap pelanggannya.

Kapan pertama kali peringatan tersebut diperingati?

Hari Pelanggan Nasional sudah ada sejak tahun 2003, yang dirayakan berdasarkan tema dan berbagai kegiatan.

Melansir dari situs resminya, peringatan tersebut pertama kali digagas pada era pemerintahan Presiden Megawati Soekarno Putri tahun 2003. Pencetusnya merupakan CEO Frontier Group bernama Handi Irawan D.

Pada prinsipnya Hari Pelanggan Nasional diharapkan dapat menciptakan ekosistem dimana pelanggan puas, pelanggan loyal, perusahaan maju. Dengan demikian ketiga faktor tersebut bisa membuat negara menjadi maju.

Acara peresmian Harpelnas dihadiri oleh sekitar 200 jajaran direktur utama berbagai perusahaan dan BUMN. Adapun perusahaan yang turut merayakan Harpelnas berjumlah 500 perusahaan.

Sejak diresmikan, Harpelnas dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 4 September sebagai peringatan milik seluruh perusahaan di Indonesia.

Nah, lalu apa tema yang dipakai pada tahun ini?

Berdasarkan dari akun Instagram resmi Harpelnas, di tahun 2024 ini mengusung tema “AI Membuat Pelayanan Lebih Responsif dan Personal”

Menurut Handi Irawan, tema tersebut dipilih mengingat semangat untuk inovasi sehingga menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih responsif dan personal menggunakan AI.

Maka dari itu, momen Harpelnas ini tentu menjadi titik baik bagi Perusahaan untuk berkolaborasi bagaimana menginovasikan AI dengan pelayanan manusia.