Pentingnya Menjaga Aki Sepeda Motor Untuk Menjaga Kecepatan Sepeda Motor Dalam Bergerak !

Pentingnya Menjaga Aki Sepeda Motor Untuk Menjaga Kecepatan Sepeda Motor Dalam Bergerak !
Pentingnya Menjaga Aki Sepeda Motor Untuk Menjaga Kecepatan Sepeda Motor Dalam Bergerak !/gambar di ambi dari pangarampos.com-diswey

eSatu.id,Cirebon– kita sering mendengar jika orang tua,atau kaka kita sendiri mengecek kendaraan nya setelah itu mengecek aki motor ya,takut ada sebab yang membuat kendaraan rusak,untuk itu kita akan membahas mengani aki sepeda motor.

Aki sepeda motor di definisikan sebagai perangkat yang menyimpan daya dengan mengubah energi arus searah (DC) menjadi arus bolak-balik (AC).

baca juga:Budidayakan Cara Menanam Pohon Tebu Karena Tebu Termasuk Salah Satu Komoditas Yang Menyumbang Pengaruh Besar Ke Perekonomian Indonesia.

Aki sepeda motor dapat di buat dari berbagai bahan seperti timah, seng, atau tembaga. Jenis baterai baru yang di sebut polimer baru-baru ini menjadi populer karena sifatnya yang ramah lingkungan.

Fungsi aki sepeda motor adalah untuk menyimpan energi DC yang berbanding lurus dengan kunci kontak,Hal ini memungkinkan baterai untuk memberikan tegangan keluaran langkah-demi-langkah tergantung pada arus yang di terapkan ke terminal listrik.

Jumlah muatan yang tersisa di sel baterai sepeda motor secara langsung berhubungan dengan kecepatan sepeda motor bergerak.

Dengan demikian semakin banyak kecepatan mesin berjalan semakin banyak jumlah muatan listrik yang tersisa di dalam sel. Selain itu, semakin besar ruang bakar mesin, semakin besar jumlah bahan bakar yang dapat di konsumsi mesin sebelum motor mati.

Aki Sepeda Motor umumnya di kelompokkan menjadi tiga jenis, sistem tertutup, sistem sirkuit terbuka, dan sistem sel tunggal.

Jenis Aki Sepeda Motor yang Anda pilih akan tergantung pada jenis Sepeda Motor yang Anda beli dan jumlah Berkendara yang Anda lakukan.

Pelepasan terdekat terjadi pada titik pivot di mana terminal menyentuh rangka sepeda. Pelepasan terdekat juga terjadi antara busi dan tempat terminal bertemu karburator.

Baterai sepeda motor harus selalu di isi dengan cara pengisian yang di sarankan, yaitu sistem ‘trickle charge’. Di sebagian besar sepeda motor, terminal di ikat ke rel rangka, atau di pasang di bagian bawah tempat duduk.

Dalam kasus seperti itu mudah untuk mengisi baterai secara berlebihan dan merusak komponennya, atau lebih buruk lagi, meledakkan baterai sepeda motor.

Penting untuk menjaga baterai sepeda motor Anda dengan benar untuk memastikannya bekerja pada kinerja yang optimal, Sebagian besar sepeda di lengkapi dengan pengisi daya baterai standar, tetapi Anda mungkin menemukan bahwa pengisi daya baterai aftermarket lainnya berfungsi dengan baik untuk sepeda Anda.

Sumbat pembuangan di ujung kabel baterai utama memungkinkan Anda menyambungkan baterai kedua dengan cepat saat baterai utama sedang di isi.

Ada banyak jenis baterai sepeda motor termasuk jenis asam timbal, baterai alkaline, baterai siklus dalam, dan jenis hidrida logam nikel.

Baterai sepeda motor tersedia dalam berbagai ukuran yang berbeda termasuk ukuran yang Anda perlukan untuk memberi daya pada sepeda Anda, dan jumlah volt yang dapat Anda tangani.

Baterai sepeda motor tersedia dalam dua bahan kimia yang berbeda, lithium polymer (atau LiPo) dan lithium ion,Baterai sepeda motor jenis Lithium ion adalah yang paling umum di gunakan, dan memiliki kapasitas lebih tinggi daripada gaya LiPo.

LiPos tersedia dalam konfigurasi 12 volt dan 18 volt,Karena LiPos memiliki kecenderungan untuk membocorkan muatan saat tidak di gunakan, biasanya di lengkapi dengan trickle charger yang dapat mematikan mesin secara otomatis saat baterai tidak di gunakan, dan melindungi baterai dari pengisian yang berlebihan.

Itu dia sejarah informasi mengenai aki sepeda motor yang memiliki fungsi yang sangat penting serta memiliki kapasitas yang cukup walaupun setiap kendara pasti berbeda beda,tapi secara umun kapastias aki sepeda motor 12 V,3 Ampere.