esatu.id – Kegiatan pembekalan content creator dan content writer dalam rangka penguatan publikasi peringatan hari lahir Pancasila tahun 2024 di laksanakan di gedung Kaliandra Radar Cirebon, Kamis (4/4/2024).
Tema dari kegiatan tersebut yaitu FYP (For Your Pancasila) dengan kegiatan ngobrol, ngabuburit, dan ngonten bersama 250 peserta content creator dan content writer se-Jawa Barat.
Tujuan kegiatan ini yaitu untuk melibatkan content creator dan content writer untuk menguatkan Pancasila dengan cara yang berbeda di jaman now.
Oleh karena itu, tujuan tersebut memanglah selaras dengan minat generasi z yang banyak menekuni profesi content creator sebagai wadah ide-idenya.
Kepala Biro Fasilitasi Pimpinan, Hubungan Masyarakat dan Administrasi BPIP, Dr Mahnan Marbawi MA mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari penguatan publikasi peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024.
“Pembinaan ideologi Pancasila ini penting untuk content creator dan content writer yang rata-rata usianya mulai dari generasi z sampai dengan milenial. Sehingga mereka nantinya bisa menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kesehariannya maupun content yang di buat untuk disebarluaskan,” kata Marbawi, Rabu, 3, April 2024.
Sementara itu, Pihaknya berharap acara tersebut tidak hanya selesai di dalam ruangan. Selesai pembekalan, tujuannya adalah melahirkan content creator dan content writer yang berkarakter Pancasila.
Pemaparan Pembekalan Peran Strategis dan Daya Tawar BPIP untuk Generasi Muda
Sementara itu, Staff Khusus Dewan Pengarah BPIP, Dr Antonius Benny Susetyo menyampaikan tentang orientasi kehumasan dan protokol dalam ilmu komunikasi yang masuk dalam ranah publik relations.
“Yang penting adalah BPIP bisa menyampaikan mission kepada publik, bagaimana mission itu bisa tersampaikan, maka melalui content creator,” paparnya.
Antonius Benny Susetyo melanjutkan, agenda setting dan branding itu sangat penting. Maka ilmu komunikasi itu menyangkut perilaku, oleh karena itu, content creator harus mengetahui perilaku atau minat masyarakat masa kini.
“Maka dengan memahami komunikasi psikologi, content creator juga memahami orang yang akan di ajak untuk mengangkat suatu konten,” tambahnya.
Kemudian Antonius Benny Susetyo berharap, para content creator muda dapat menjadikan semua hal menjadi sebuah value dengan imajinasi dengan se-kreatif mungkin.
Para content creator muda masa kini juga di harapkan bisa membuat content yang humanis, lucu tapi bisa konkrit dengan harlah BPIP.
Content creator juga harus bisa membuat konten menarik, salah satunya pada peringatan hari lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni dengan semenarik mungkin yang memiliki value dan bisa merubah perilaku.