Berbagi Kiat Sukses, Dahlan Iskan: Bisnis Tanpa Sales Tak Akan Berkembang

Dahlan iskan di the emeralda resort
Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menghadiri giat yang diselenggarakan oleh The Emeralda Resort Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (28/1/2025)

Jabar Ekspres – Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menghadiri giat yang diselenggarakan oleh The Emeralda Resort Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (28/1/2025).

Kehadiran Dahlan Iskan ialah dalam rangka menginspirasi para karyawan dan Manager The Emeralda Resort Padalarang.

Ia berbagi tips dan motivasi untuk memajukan perusahaan dalam acara yang digelar Emeralda Resort tersebut.

Mengawali sesi, tokoh media senior itu berbagi pengalamannya di hadapan puluhan karyawan dan Manager The Emeralda Resort kala dirinya memimpin sebuah perusahaan.

Penggemar olahraga ini menegaskan bahwa pada dasarnya setiap orang ingin mencapai kesuksesan untuk memuaskan pribadinya, namun kesuksesan tidak bisa dilakukan tanpa kerjasama pihak lain.

Karenanya dalam berbisnis, diperlukan kebersamaan dengan karyawan yang solid. Ia meraih kesuksesan berkat prinsip manajemen yang istimewa.

“Membangun perusahaan itu mudah, tapi ada satu pekerjaan yang paling sulit di perusahaan, dan itu ialah marketing (sales). Jadi perlu ada kebersamaan antara Manager dan karyawan, ‘Succeed Above Success’,” ujar Dahlan Iskan di Padalarang.

Sebuah perusahaan mampu bertahan dengan usia lama, karena tidak melupakan nilai-nilai berbisnis, dan bisnis menurutnya bukan semata hanya untuk mencari keuntungan.

Tapi juga, dikatakan Dahlan, berbisnis dengan menjalankan nilai-nilai berguna untuk kehidupan bersama.

Nilai–nilai tersebut ini antara lain meliputi pertama Berhasil diatas Keberhasilan, yakni prinsip yang harus dijalankan dalam sebuah bentuk integritas dalam manajemen.

Baca Juga: Ribuan Warga Hadiri Senam Ala Dahlan Iskan di The Emeralda Resort Padalarang

“Kalau kita mau berhasil, buatlah bawahan atau rekan, bahkan mitra kita berhasil. Kalau mereka gagal, maka kita pun gagal,” katanya.

Dihadapan puluhan marketing The Emeralda Resort, Dahlan Iskan mengatakan, secara posisi, karyawan sales ditempatkan paing bawah di susunan organisasi. Itu secara hirarki.

Namun, posisi tersebut dikatakan dia memiliki peran penting, apalagi marketing salah satu bagian dasar organisasi.

“Disamping persepsi yang salah bahwa salesman memaksa dan sering berbohong agar prospeknya mau belanja dari dia. Padahal fungsi sales begitu penting, sebagai dasar organisasi,” katanya.

“Jadi Manajemen tidak bisa apa-apa jika marketingnya tidak jualan. Orang militan berada dimanapun pasti akan sukses. Orang paling militan itu orang marketing,” tandasnya.

Sementara itu CEO The Emeralda Resort Padalarang, Yana mengatakan memilih Dahlan Iskan menjadi narasumber dalam kegiatannya mantan BUMN itu sosok inspiratif bagi rakyat Indonesia.

“Saat bekerja kadang membuat karyawan stres bahkan sampai bosan. Inti dari menghadirkan pak Dahlan karena saya ingin mereka (karyawan) termotivasi oleh semangat yang beliau miliki,” kata Yana.

Yana mengaku fans Dahlan Iskan, ia menilai, sosok tokoh Media senior tersebut memiliki jiwa pekerja keras.

“Saya termasuk fans beliau, dan pak Dahlan Iskan publik pigur terkenal. Sosok pak Dahlan menurut saya orangnya polos, lurus, tapi mau sharing enggak pedit ilmu. Selain itu beliau juga memiliki aura positif terutama dalam memberikan motivasi kepada orang-orang,” katanya.

“Dengan kegiatan ini saya berharap karyawan The Emeralda Resort Padalarang dapat lebih semangat lagi dalam bekerja. Kita juga ingin mencari guru yang belajar iklas, bisa mengajar kepada anak-anak muda, terutama dapat merubah anak muda agar lebih maju, dan itu ada di pak Dahlan Iskan,” tandasnya. (Wit)